KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Terima kasih anda telah sudi berkunjung ke situs kami,mohon kritik saran atau komentar anda!

Senin, 15 Oktober 2012

Fakultas Febi

Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam


 Perbankan syariah menjadi pusat perhatian karena tingkat pertumbuhannya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu muncul juga berbagai praktik ekonomi Islam non-lembaga keuangan syariah saat ini, seperti lembaga pengelola zakat, infak dan shadaqah pemerintah/Kementerian Agama maupun swasta); lembaga penelitian dan konsultan ekonomi Islam; Kementerian Keuangan juga telah mengelola sukuk, saham syariah, dan reksadana syariah; bahkan Bank Indonesia telah mendorong industri perbankan syariah untuk lebih berperan dalam industri perbankan nasional. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi Islam telah meluaskan baik spektrum kajian maupun praktiknya untuk menapaki babak baru sebagai ekonomi mainstream.
FEBI SEBAGAI PUSAT UNGGULAN (CENTER OF EXCELLENCE)
Pengelolaan FEBI diarahkan untuk menjadi center of excellence (pusat unggulan) dalam sistem belajar mengajar ekonomi dan perbankan syariah di Indonesia. Menurut The Times Higher Education Supplement (THES), untuk menjadi unggul, setidaknya ada empat indikator penting yang diperhatikan di sebuah perguruan tinggi (universitas), yaitu: 1) kualitas riset, 2) daya serap lulusan ke dunia kerja (graduate employability), 3) daya pandang internasional (international outlook), yang ditentukan oleh jumlah program studi bertaraf internasional dan jumlah mahasiswa internasional, dan 4) kualitas pengajaran, yang ditentukan oleh rasio dosen dengan mahasiswa.
FEBI berkomitmen untuk mengembangkan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memilki keunggulan di empat hal tersebut. Untuk mewujudkan komitmen itu, pengajaran di kelas untuk mahasiswa di tahun pertama, sebagian besar, akan menggunakan bahasa Inggris (bilingual); dan di tahun berikutnya seluruh pengajaran akan menggunakan bahasa Inggris; dan akan diajar oleh dosen, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Ini semua dilakukan sebagai rintisan menuju kelas internasional.
Di samping itu, kurikulum di FEBI juga dirancang agar dapat membentuk lulusannya menjadi pribadi yang berintegritas moral (berakhlak mulia) yang tinggi serta berwawasan dan berjiwa entrepreneurship (inovatif dan kreatif dalam berwirausaha).
PROGRAM STUDI
  1. Ekonomi Syariah
  2. Perbankan Syariah (Konsentrasi Akuntansi Perbankan Syariah)
VISI
Unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam untuk kemajuan peradaban.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pasar global.
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran ilmu ekonomi dan bisnis Islam, yang didasarkan pada etika keislaman dan entrepreneurship secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui bidang keilmuan untuk mewujudkan kesejahteraan stakeholder melalui pengembangan jejaring kerjasama dengan industri, pemerintah, regulator dan pihak-pihak lain.
FASILITAS
  1. Bridging Course (Pelatihan Bahasa Asing/Inggris untuk persiapan Pengajaran Bahasa Asing/Inggris).
  2. Laboratorium perbankan Syariah.
  3. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan berbagai software guna mendukung praktikum mata kuliah akuntansi dan statistik.
  4. Laboratorium pasar modal Syariah
  5. Free hotspot area
  6. Ruang kuliah ber-AC dan dilengkapi dengan LCD
  7. Perpustakaan digital
  8. Pusat Bahasa