KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Terima kasih anda telah sudi berkunjung ke situs kami,mohon kritik saran atau komentar anda!

Senin, 08 Oktober 2012

Resume film “Eagle Eye”

Eagle Eye 2008


Film Amerika berjudul EagleEye yang berdurasi 118 menit di produksi oleh DJ maruso(sutradara) pada tahun 2008 di Produseri oleh Steven Speieberg, Alex Kurtzman, Roberto Orci, Pat Crowly, dan Ed Mcdonnell. Di bintangi oleh Shia Labeouf (sebagai Jerri shaw), Michelle Monagan(sebagai Rachel holloman), Rosario dowson (sebagai Zoe Perez), Billi Bob Thornton(sebagai Thomas morgan), Ethan Embry(sebagai Tobi Grant), Anthony Mackie(Major william bowman), Cameron Boyce( sebagai Sam holloman). Film ini juga tidak lepas dari buah karya sang penulis yaitu Dan McDermott, John Glenn, Travis Wright, Hillary Seitz. Dan Brian tyler (musik), Dariusz Wolsky (Sinematografi), Jim Page (editing), didistribusikan oleh Dreamworks Pictures. Mulai di rilis pada tanggal 25 september 2008 (Australia), dengan format bahasa inggris. Anggaran pembuatan film ini di taksir sekitar 80 juta US dolar, dengan pendapatan 174 US dolar di seluruh dunia.
Eagle Eye 2008

Film ini bermula dari sindikat teroris yang mencoba membalas dendam akibat ulah seorang Presiden AS yang melakukan kesalahan besar yakni membunuh beberapa orang yang tidak bersalah demi kepentingan pribadinya. Bersamaan dengan proyek pertahanan di Pentagon yang bernama Eagle Eye yang di jalankan oleh super komputer yaitu “Reconnaissance Intelijen Otonom Integrasi Analyst “(ARIIA)”. Athan shaw (operator ARIIA) yang tidak lain adalah saudara kembar Jerry Shaw. Algoritma mesin yang bernama “ARIIA” melakukan sebuah konsfirasi untuk membunuh Presiden, sebelum negara hancur karena ulahnya. Konfirasi ini melibatkan Jerry shaw dan seorang single parent yang bernama Rachel holloman.
Jerry shaw adalah jebolan Universitas Stanford, setelah pemakaman Athan shaw 2009 (saudara kembar Jerry shaw) suatu waktu dia kebingungan karena tidak punya uang. Ketika dia membuka ATM pribadinya dia di kejutkan bahwa di rekeningnya berisi $750.000. ketika dia pulang ke apartemenya dia mendapati sejumlah senjata,bahan peledak dan sejumlah dokumen palsu. Dia menerima telephone dari seorang wanita, bahwa dia akan di tangkap oleh seorang FBI dalam waktu 30 detik. Dia tidak percaya dengan telephone itu dan akhirnya dia tertangkap dan di bawa keruangan khusus kemudian di interogasi oleh Thomas Morgan(agen khusus). Saat Thomas Morgan pergi untuk menemui Zoe Perez(agen investidasi Angkatan Udara) Jerry Shaw kembali mendapatkan telephone dari seorang wanita misterius untuk segara melarikan diri ketika terjadi kejar-kejaran dengan polisi Cicago dan FBI. Dia terdesak masuk kedalam mobil yang di kendarai oleh Rachel holloman untuk segera menancap gas, Wanita misterius itu mengancam akan membunuh Sam(anak Rachel). Terpaksa dia membantu dan menjadi partner Jerry, Wanita misterius itu memberikan instruksi penuh kepada Jerry dan Rachel melalui telephone genggam meloloskan diri dari kejaran polisi dan FBI. Wanita itu mampu mengontrol semua jaringan yang berbasis internet seperti CCTV dan dia mampu mengacaukan lalulintas dengan membuat lampu itu hijau disepanjang jalur bahkan juga kabel listrik. Wanita itu memiliki agen lain yang membuat peledak kristal dengan desain kalung. Kristal itu tanam di sebuah terompet milik “Sam” yang tengah mengikuti acara kepresidenan menuju Whasington. Jerry dan Rachel di giring dari Chicago ke Whasington oleh Wanita itu. 
Dia di bawa kesebuah tempat dimana tempat itu berisi beberapa layar televisi untuk memperkenalkan siapa dirinya. Wanita itu tak lain hanyalah sebuah program keamanan intelejen negara sebut saja ARIIA, yang bertugas mengumpulkan seluruh intelejen dunia. Di Pentagon dimana ARIIA di tempatkan, agem Perez menemukan bahwa Athan bekerja sebagai teknisi sekaligus pemegang kunci yang mecegah perencanaan ARIIA. Perez dan seketaris pertahanan mereka bertemu dan membicarakan tentang pembatalan rencana ARIIA di ruangan tertutup. Jerry dan Rchel tiba di pentagon, digiring menuju superkomputer untuk melakukan cloning dan scaning terhadap Jerry memungkinkan system yang terkunci tersebut tetap menjalankan rencananya. ARIIA menunjukkan kecelakaan yang menimpa adiknya Athan, ARIIA mengatakan kematianya itu sudah di tetapkan, karena dia dianggap sebagai musuh negara. Tak lama Jerry tertangkap oleh agen Morgan, setelah mendengar cerita Perez Morgan percaya pada Jerry dan membawanya ke Capitol Amerika Serikat. ARIIA mengirim MQ-9 Reaper UCAV(pesawat tanpa awak) tak lama setelah mereka pergi, nyaris mereka mati dan agen Morgan mengorbankan dirinya saat pengejaran berlangsung. Sementara itu agen Perez kembali ke super komputer dan menghancurkanya. Rachel sadar kalau di beri kalung oleh pejabat yang di paksa ARIIA untuk menghadiri pidato Presiden di Capitol.
Rachel berada dalam situasi yang sangat membingungkan di dalam gedung dimana di dalamnya adalah beberapa pejabat penting juga termasuk Presiden. Sementara Jerry yang mencoba masuk dan dihalangi oleh polisi Capitol. Jerrypun berhasil masuk dengan memakai seragam polisi. Ternyata band sekolah “Sam” sudah mulai tampil. Jerry panik dan menembakkan peluru ke udara. Diwaktu bersamaan Jerry di tembak oleh agen screet service yang panik. Dalam sidang yang di kacaukan oleh ARIIA, akhirnya semuanya selamat.
Ethan anumerta menerima Medal of Honor dan Agen Morgan anumerta menerima Medali Terpuji, sementara Jerry, terluka tapi masih hidup dan baik, menerima Medali Emas Kongres verifikasi diperlukan. Di akhir film Jerry menghadiri pesta ulang tahun Sam. Rachel mengucapkan terima kasih untuk kehadirannya, “mantan suaminya tidak pernah melakukan ini, Rchel mencium pipi Jerry. Dia kemudian memberitahu Jerry bahwa dia senang dia ada di sana. Dia kemudian menjawab, "Aku juga".

Kesimpulan
Berawal dari proyek yang bernama Eagle eye, yang di jalankan oleh super komputer yangbernama ARIIA. Yaitu bertujuan untuk pertahanan keamanan negara Amerika Serikat. Setiap perlakuan yang tidak sesuai dengan system maka dinyatakan dia adalah musuh bagi negara, termasuk Presiden apabila melanggar atau tidak menaati sytem itu. Sehingga segala sesuatu di atur oleh system tersebut. ARIIA yang mengkonfigurasikan skenario pembunuhan terhadap Presiden yang melibatkan, Jerry Shaw,Athan Shaw(Operator ARIIA) dan Rachel (ibu rumah tangga). Dalam kemasan film ini ditunjukkan kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi dalam melacak aktivitas seseorang melalui media yang berkoneksi internet seperti misal CCTV,handphone atau jaringan yang memiliki frekuensi yang berintgeral dengan koneksi internet.

Esensi
  • Perekembangan teknologi komunikasi daninformasi sangatlah maju, banyak sekali manfaat dan kegunaannya dalam memenuhi kebutuhan manusia.
  • Penggunaan teknologi yang di salahgunakan akan mengakibatkan kerugian bagi manusia itu sendiri.
  • Jika segalanya dilakukan di dalam sebuah jaringan maka, semakin besar resiko yang akan di hadapi sipenggunanya (User).
  • Selama masih bisa di lakukan secara manual dengan hasil yang efektif, sebaiknya manusia tidak perlu ketergantungan dengan internet/jaringan.


'Eagle Eye' Trailer (2008)
 


sumber : www.eagleeyemovie.com/, ww.youtube.com/watch?v=_wkqo_Rd3_Q,
http://en.wikipedia.org/