KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Terima kasih anda telah sudi berkunjung ke situs kami,mohon kritik saran atau komentar anda!

Senin, 01 Oktober 2012

Mengenal komunikasi dan informasi, apa itu IT,ICT dan ICCT terkait dengan perkembangan teknologi modern.


 1. System informasi 

    Pada dasarnya system informasi tidak harus selalu melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa di sebut dengan sistem informasi berbasis komputer. Berikut beberapa definisi system informasi : Hall(200) mendefinisikan bahwa sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data di kumpulkan lalu di kelompokkan, di proses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai. 

2. Komunikasi
 
    Komunikasi berasal dari akar kata Communis atau dalam bahasa inggris Communication, kemudian dalam bahasa Indonesia diserap menjadi Komunikasi. Secara umum komunikasi dapat di artikan yaitu penyampaian suatu simbol-simbol atau lambang (pesan) kepada orang lain, sehingga memiliki pengartian dan pemahaman yang sama antara satu dengan yang lain. Berikut skema proses komunikasi : Era perkembangan Komunikasi Menurut M.Rogert menyebutkan bahwa perkembangan- teknologi komunikasi, melalui 3 era yakni:
  • Komunikasi Tulisan (4000SM-hingga sekarang) 
  •  Komunikasi Cetak (1456-hingga sekarang) 
  •  Komunikasi interaktif (1946-hingga sekarang)
 Bila di lihat secara garis besar, perkembangan teknologi komunikasi dapat tersusun secara periodik melalui 4 tahapan seperti di bawah: 
  • Zaman prasejarah 
  • Zaman Transisi 
  • Zaman revolusi industri dan pasca industri dan, 
  • Zaman modern Bicara tentang komunikasi, 
    Kita tahu bahwa di zaman modern banyak sekali ragam media komunikasi misal dilihat dari segi antar personal, seperti; media suara,teks,musik,animasi,video. Adapun media transmisi dan sejenisnya seperti; komunikasi,penyiaran dan jejaring. Merupakan awak dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. 

3. IT,ICT, dan ICCT 
 IT (information technology) 
    Istilah di atas (Information Technology) mulai populer di era 70-an. Sebelumnya istilah tersebut lebih di kenal sebagai Teknologi komputer atau pengolah data elektronik atau PDP (Electronic Data Processing). Teknologi informasi sering rincuh sehinggah menyama artikan dengan sistem informasi sehingga munculah definisi berikut: Menurut Lucas(2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang di terapkan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elektronis. Mikro komputer merupakan mainframe,pembaca barcode , perangkat lunak memproses transaksi, perangkat lunak lembar kerja(spreadsheet), dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi.

ICT (information comunication technology) 
    ICT (teknologi informasi dan komunikasi) merupakan istilah umum yang mencakup perangkat komunikasi atau aplikasi, meliputi: radio, televisi, telepon selular, perangkat keras komputer dan jaringan dan perangkat lunak, sistem satelit dan sebagainya, serta berbagai layanan dan aplikasi yang berhubungan dengan mereka, seperti videoconference dan pembelajaran jarak jauh.
TIK sering dibicarakan dalam konteks tertentu, seperti TIK di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, atau perpustakaan. Istilah agak lebih umum di luar Amerika Serikat. Menurut Komisi Eropa, pentingnya TIK terletak kurang dalam teknologi itu sendiri daripada kemampuannya untuk menciptakan akses yang lebih besar terhadap informasi dan komunikasi pada populasi terlayani. Banyak negara di seluruh dunia telah membentuk organisasi untuk mendukung TIK, karena dikhawatirkan bahwa kecuali daerah yang kurang berteknologi maju memiliki kesempatan untuk mengejar ketinggalan, kemajuan teknologi meningkat di negara maju hanya akan berfungsi untuk memperburuk kesenjangan yang sudah ada ekonomi antara teknologi "memiliki" dan "belum" daerah. Secara internasional, PBB secara aktif mempromosikan TIK untuk Pembangunan (ICT4D) sebagai sarana menjembatani kesenjangan digital. 

ICCT (information Communicatin Collaboration technology) 
    Di lihat dari namanya saja mungkin sudah dapat mendefinisikan sendiri, bahwa ICCT merupakan bentuk keberhasilan manusia dalam mencapai tahapan untuk menggabungkan atau mengolaborasikan ketiga hal di atas. Hal ini di buktikan dengan lahirnya gudget seperti Iphone misalnya. pencapaian tahap ICCT (information comunication collaboration technology) juga di dukung oleh berkembangnya intelektualitas manusia itu sendiri.