KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Terima kasih anda telah sudi berkunjung ke situs kami,mohon kritik saran atau komentar anda!

Minggu, 04 November 2012

Resensi buku berjudul "BERBURU HONOR DENGAN ARTIKEL"



Oleh: M Sayid Ichsan Aladin





Judul Buku      : Berburu Honor dengan Artikel Tip dan Strategi Menangguk Rupiah dari Surat Kabar (tips dan strategi menangguk rupiah dari surat kabar).
Penulis             : Supadiyanto
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia
Tahun Terbit    : 2012
Tebal               : xviii+197 halaman
ISBN               : 978-602-00-3302-0
Harga              : Rp39.800,


Di tengah berbagai kebutuhan hidup yang semakin menghimpit. Serta angka pengngguran nasional yang mendekati 9 juta jiwa. Menjadi penulis merupakan salah satu peluang yang sangat memungkinkan kita untuk menegguk rupaiah.
            Menulis bukanlah kegiatan yang menguras banyak harta. Akan tetapi dapat memberikan kita harta. Banyak orang yang tidak mempuyai minat sedikitpun untuk menulis. Padahal menulis itu sesuatu hal yang mudah disaat kita mau memulainya. Banyak hal yang membuat mengapa tulisan itu diminati oleh surat kabar, dan mengapa tulisan itu diacuhkan begitu saja oleh redaktur surat kabar. 
            Menulis itu ada ilmu atau seninya sendiri.Ilmu menulis bisa didapat secara otodidak (belajar sendiri), maupun berguru kepada openulis yang sudah berhasil. (Hal.12)
            Penulis buku Supadiyanto sebagai penulis yang sudah berhasil. Dengan Cuma-Cuma memberikan berbagai tip dan strategi menagguk rupiah dari surat kabar. Dalam buku ini dijelaskan secara detail langkah-langkah yang harus ditempuh untuk membuat artikel. Tentunya tidak sembarang artikel, tetapai artikel yang dapat diminati oleh redaktur surat kabar. Kode Etik Kepenulisan juga dijelaskan secara luas, agar penulis dapat menciptakan tulisan yang bombastis. Buku ini juga dilengkapi dengan data yang lengkap alamat email redaksi hampir di seluruh Indonesia.
            Dalam buku ini masih ada kata yang kurang lengkap dan ada beberapa kata yang tidak baku. Seharusnya buku jurnalistik seperti ini, dapat lebih baik jika menggunakan kata-kaya yang tertera dala EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan dalam Kamus Bahasa Indonesia.
            Mulailah menulis dari sekarang. Tulis apapun yang ada di pikiran kita. Menulis adalah suatu kebiasaan yang baik dan suatu saat pasti akan menguntungkan untuk kita. Buku ini membuat kita para penulis pemula menjadi termotivasi untuk menjadi penulis. Langkah-langkah dijelaskan secara rinagn sehingga mudah untuk dipahami. Serta selalu ada contoh yang diberikan. Menulis bukanlah hal yang sulit dan membosankan. Mari kita budayakan Menulis!