KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Terima kasih anda telah sudi berkunjung ke situs kami,mohon kritik saran atau komentar anda!

Minggu, 04 November 2012

Perlunya Kriteria Khusus Pendidik Anak TK




Pendidikan terhadap anak sejak dini memang sangat penting, agar tumbuh kembang anak menjadi baik sebagaimana harapan orang tua khususnya. Namun tidak semua pendidik memiliki kriteria yang tepat untuk anak didiknya.
Disebuah sekolah taman kanak-kanak diprovinsi Shanxi, China. Memperlihatkan betapa kejamnya seorang guru yang tega membanting, dan menendang seorang anak perempuan yang masih berusia 4 tahun ini, kasus ini pun sempat terekam oleh kamera cctv di sebuaah sekolah tersebut beberapa hari yang lalu. Berita ini cukup menghebohkan beberapa situs media online. Tak cukup itu komentar pedaspun bertebaran di jejaring sosial dan youtube, yang mengecam atas tindakan anarkhis yang di lakukan oleh guru tersebut, “dia layak disebut sebagai binatang”. (31/10).
Media setempat mengatakan bahwa di duga anak tersebut sebelumnya memang  cacat mental, atas insiden itu kini si anak menderita kerusakan otak dan patah tulang. Murid naas itupun segera mendapat perawatan sedang sang guru telah mendapat hukuman dari pihak berwenang, walaupun awalnya dia sempat membantah atas perbuatanya.
Dari insiden di atas, bahwa menjadi guru taman kanak-kanak hendaknya yang terpenting haruslah memiliki sifat sabar. Bahwa dengan sabar, bisa menjaga emosi dalam situsi tertentu saat berhadapan dengan anak. Selain sabar juga, hendaknya memiliki sifat penyayang, perhatian, toleransi, ramah, adil, dan empati terhadap anak. Dengan demikian tidak akan terjadi kesenjangan, hubungan menjadi hangat sehingga terjalin hubungan yang baik antara pendidik dengan anak didik.
Penulis, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta